25.6.10

PERINGATAN HANI 2010 DI KABUPATEN LEBAK

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni, pada tahun 2010 ini, diperingati dengan tema global "Think Health Not Drugs", dan tema nasional "Hidup Sehat Tanpa Narkotika” . Pencanangan kegiatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Kabupaten Lebak yang dipusatkan di alun-alun Rangkasbitung, dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Lebak Ir. H. Amir Hamzah sabtu pagi (26/06). Permasalahan narkotika merupakan masalah yang kompleks dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat serta tingkat strata ekonomi masyarakat. Oleh karenanya perlu tanggung jawab bersama baik aparat penegak hukum, seluruh SKPD, UPT serta seluruh stakeholder dalam mengawasi prilaku anak dan lingkungan sekitar. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lebak dihadapan sejumlah pimpinan SKPD, UPT, jajaran PNS, pelajar serta ratusan masyarakat Lebak. “ Kegiatan ini menjadi momen yang tepat menanamkan nilai-nilai moral serta pengetahuan bahaya laten narkoba sehingga nantinya akan membentuk jiwa positif generasi muda “ ujar Wakil Bupati Lebak. Kegiatan ini dilanjutkan dengan gerak jalan santai dengan rute dari alun-alun melewati Jl. Multatuli, Jl. Sunan Bonang, Jl. Sentral dan berakhir kembali di alun-alun. Acara dimeriahkan dengan penampilan band-band lokal dan door prize.
Di Puskesmas Cibadak, kegiatan memperingati HANI 2010 dilaksanakan dengan memberikan Penyuluhan Bahaya NAPZA di Pesantren Manahijussadat yang berlokasi di Kp. Serdang Desa Pasar Keong Kecamatan Cibadak pada bulan Mei 2010 ( Materi penyuluhan NAPZA bisa dilihat di sini ).


10 TOP SOFTWARE GRATIS PENTING UNTUK PUSKESMAS

1. Adobe Reader : Software Adobe reader berfungsi untuk membuka dan membaca file-file e-book berformat PDF. Buku/jurnal tentang kesehatan yang diunduh dari internet biasanya disimpan dalam bentuk PDF, jadi komputer Puskesmas perlu menginstall software ini untuk bisa membuka/membacanya.
2. AVG Antivirus Free : Kurang lebih 50 juta orang di dunia telah menggunakan anti virus ini. Artinya, kualitas software ini sudah tidak diragukan lagi. Karena gratis dan memuaskan, Puskesmas Cibadak sudah sejak lama menggunakan antivirus ini.
3. YouTube Downloader : Video-video tentang kesehatan dapat dilihat secara gratis di situs video terpopuler di dunia You Tube. Bila anda ingin menyimpannya untuk keperluan penyuluhan, kita dapat mendownload video-video tersebut dengan menggunakan software ini.
4. Download Accelerator Plus : Kurang lebih 150 juta orang di dunia menggunakan software ini. Dengan software ini kecepatan download dapat meningkat sampai 400 % ! Partner yang cocok untuk YouTube Downloader.
5. Google Earth : Software canggih milik raksasa internet Google. Anda dapat menjelajah lokasi-lokasi Puskesmas dan Rumah Sakit se-Indonesia (juga sedunia) dengan menggunakan aplikasi ini
6. CD Burner XP : Materi pelatihan/penyuluhan ada baiknya disimpan dalam bentuk CD/DVD sebagai arsip atau mungkin dibagikan kepada seluruh peserta diklat. Software ini mampu mem-burning secara cepat dan dilengkapi berbagai fitur menarik.
7. Map Maker : Aplikasi yang membantu anda untuk membuat peta wilayah kerja Puskesmas dengan mudah.
8. Sistem Informasi Dokter Praktek v1.2 : Aplikasi ini menyediakan fasilitas dasar perekaman data medis. Data pasien dan sejarah kunjungan dapat dikelola dengan baik. Tersedia pula fasilitas untuk mencetak laporan harian, bulanan, dan data rekam medis pasien.
9. Pregnancy Countdown 6.0 : Aplikasi ini dapat melakukan hitung mundur dari mulai saat hamil sampai ke proses kelahiran, juga memberikan informasi tahap-tahap kehamilan dalam hitungan minggu
10. Perhitungan Masa Subur-Hamil : Aplikasi ini memberikan perhitungan yang cukup akurat untuk menentukan masa subur, sehingga dapat berguna untuk wanita yang ingin merencanakan kehamilan

16.6.10

KUMPULAN LINK JURNAL KESEHATAN GRATIS

Ilmu pengetahuan itu tak kan pernah habis, termasuk pengetahuan tentang kesehatan dan kedokteran. Supaya tak ketinggalan zaman, wajarlah jika kita sering meluangkan waktu untuk membaca jurnal-jurnal tentang kesehatan dan kedokteran yang sekarang ini banyak tersedia di dunia maya. Ada yang berbahasa Indonesia, adapula yang berbahasa Inggris. Berikut ini kami tampilkan link-link jurnal gratis yang bertemakan kedokteran dan kesehatan. Selamat menikmati !

1. Cermin Dunia Kedokteran
2. Jurnal Universitas Indonesia
3. Free Medical Journals
4. AHA Journals
5. Annals of Internal Medicine
6. Interscience
7. Centers for Disease Control
8. The New England Journal of Medicine
9. Oxford Journals
10. Nature.com
11. Cambridge Journals
12. Canadian Medical Association Journal
13. The Oncologist

15.6.10

PIJAT URUT SEBAGAI SALAH SATU BATTRA ANDALAN MASYARAKAT

Puskesmas Cibadak & Puskesmas Mandala pada tanggal 27 Mei 2010 , bekerja sama menyelenggarakan pelatihan pijat urut / refleksi untuk kader posyandu. Yang menjadi narasumber adalah Bapak Muhidin, ahli pijat urut dari Desa Panancangan dan Bapak Nanang ahli refleksi dari Desa Tambak Baya. Jumlah kader yang dilatih sebanyak 4 orang. Dari hasil pelatihan ini, diharapkan kader posyandu dapat menangani kasus-kasus sederhana seperti pusing, keseleo, masuk angin ( NB : Jangan disingkat pus-kes-mas ya ..) dengan teknik pijat urut, dan tidak mengandalkan obat-obatan saja. Dalam acara tersebut, Kepala Puskesmas Cibadak dan beberapa karyawan/karyawati menjadi model praktek ( lumayan dapat pijat urut gratis...)




























INFAK SEHAT SEBAGAI DANA PENGGERAK DESA SIAGA

Istilah infak sehat mulai disosialisasikan ke seluruh desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cibadak pada saat Musyawarah Masyarakat Desa yang sudah berlangsung antara Bulan Januari s/d April 2010 yang lalu. Infak sehat yang rencananya akan di-Perdes-kan ini akan menjadi salah satu sumber dana penggerak kegiatan desa siaga.
Kegiatan pemeriksaan golongan darah, menjadi kegiatan pertama yang menggunakan sumber dana dari infak sehat. Adanya infak sehat merupakan salah satu wujud kepedulian dan kemandirian masyarakat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

BAGI-BAGI JADWAL PIALA DUNIA GRATIS !


Satu minggu menjelang dimulainya perhelatan akbar sepakbola di Afrika Selatan, Puskesmas Cibadak menyediakan jadwal Piala Dunia 2010 gratis, yang bisa diambil oleh pasien yang berobat di Puskesmas Cibadak. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk ikut serta memeriahkan acara yang hanya ada 4 tahun sekali ini, juga dalam jadwal tersebut disisipkan pesan-pesan kesehatan untuk masyarakat. Anda yang berminat pula untuk mendapatkan jadwal piala dunia ini, silakan klik di sini

JUMANTIK DI SEKOLAH

Kini, di setiap sekolah dasar ada Jumantik.
Adanya Pelatihan Guru UKS yang diselenggarakan bulan April-Mei 2010, dimanfaatkan dengan menyisipkan salah satu program andalan Puskesmas Cibadak, yaitu GOSBASMUK (Gerakan Oleh Semua Basmi Sarang Nyamuk). Setiap guru UKS dibekali dengan jumantik kit, yang akan digunakan untuk memantau jentik nyamuk khususnya di lingkungan sekolah. Setiap guru UKS pun dianjurkan untuk melibatkan anak didiknya dalam memantau lokasi-lokasi yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk aedes aegypti. Memang, lingkungan sekolah termasuk lingkungan yang rawan dalam penularan Virus Dengue (Virus penyebab Demam Berdarah Dengue). Oleh karena itu perlu upaya yang melibatkan masyarakat sekolah dalam hal pencegahannya.




POSKESTREN MANAHIJUSSADAT


Berlokasi di Ponpes Manahijussadat Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Poskestren ini telah semakin eksis yang ditandai dengan semakin banyaknya santri dan masyarakat sekitar ponpes datang ke poskestren untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan.
Poskestren Manahijussadat dibangun dan mulai dioperasikan sejak tahun 2009, dan pembangunannya berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Banten.
Tidak jauh berbeda dengan pos pelayanan terpadu (POSYANDU), Pos Kesehatan Pondok Pesantren (POSKESTREN) merupakan salah satu wujud upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) di lingkungan pondok pesantren.
Prinsipnya adalah dari, oleh dan untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan) dengan binaan Puskesmas Cibadak.
Tujuan dari Poskestren antara lain :
1. Meningkatnya sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat bagi warga pondok pesantren dan masyarakat sekitar
2. Meningkatnya peran serta aktif warga pondok pesantren dan masyarakat sekitar dalam upaya penyelenggaraan upaya kesehatan
3. Terpenuhinya pelayanan kesehatan dasar bagi warga pondok pesantren dan masyarakat sekitar.

6.6.10

DOKCIL IDOL 2010


Bukan bakat menyanyi. Bukan bakat menari. Bukan bakat akting.
Hanya mencari sekolah mana yang paling siap untuk mewakili Puskesmas Cibadak dalam Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil tingkat wilayah akhir tahun ini.
Dengan dikemas seperti acara cerdas cermat/cepat tepat yang pernah ada di layar kaca, ketegangan para anggota regu juga guru-guru pembina UKS begitu kentara.
Mengapa mamakai nama Dokcil Idol ? Ya, biar keren sedikit tidak apa-apa kan?
Acara ini melibatkan 14 SD dan 1 MI yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cibadak. Dari 15 sekolah tersebut dibagi menjadi 5 grup. Masing-masing grup akan diperlombakan, sehingga didapat juara grup dan nantinya akan didapat 5 besar. Babak 5 besar atau babak final akan menghasilkan wakil Puskesmas Cibadak untuk lomba dokter kecil di tingkat wilayah.
Masing-masing sekolah dilatih oleh guru-guru UKS yang telah mendapat Pelatihan Guru UKS di Puskesmas Cibadak.

Berikut jadwal Dokcil Idol 2010
20 Mei 2010 : Grup I : SDN 2 Pasar Keong, SDN 1 Asem, SDN 3 Asem
27 Mei 2010 : Grup II : SDN 1 Malabar, SDN 1 Cibadak, SDN 2 Cibadak
17 Juni 2010 : Grup III : SDN 2 Malabar, SDN 1 Cisangu, MI Darul Huda
22 Juli 2010 : Grup IV : SDN Panancangan, SDN 1 Bojong Cae, SDN 2 Cisangu
29 Juli 2010 : Grup V : SDN 2 Bojong Cae, SDN 2 Asem, SDN 1 Pasar Keong

Di bawah ini dapat dilihat suasana Dokcil Idol Grup I dan Grup II :





PELATIHAN GURU UKS 2010


Dulu murid, sekarang gurunya.
Ya, konsep pembinaan dokter kecil Puskesmas Cibadak sejak tahun 2010 telah berubah. Tahun 2005-2009 muridlah yang dilatih, tapi sekarang guru UKS-nya yang dilatih. Tujuannya untuk melestarikan keberadaan Dokcil di sekolah. Namun pelatihan dokter kecil 2010 tetap ada, hanya saja materi yang diberikan khusus materi praktek saja (P3K, mengukur berat badan/tinggi badan, dsb).
Latar belakang diselenggarakannya pelatihan guru UKS ini adalah untuk menjaga kesinambungan dokter kecil di sekolah. Selama ini kesinambungan kurang terjaga, karena tenaga UKS terbatas, tidak bisa melatih seluruh SD setiap tahun, sementara dokcil-dokcil yang sudah ada akan lulus sekolah dalam 1-2 tahun. Keuntungan melatih guru UKS adalah : kebanyakan guru tidak mengalami pindah sekolah, maka keberadaan dokcil akan berkesinambungan karena secara berkala akan dilatih oleh Guru UKS di sekolah masing-masing.
Biaya pelatihan Guru UKS didapatkan dari dana JPKM yang kesepakatannya telah dibuat dalam MoU hasil Urun Rembuk UKS 2010 di Puskesmas Cibadak.
Pelatihan Guru UKS Angkatan I di Puskesmas Cibadak dimulai sejak tanggal 5 April s/d tanggal 24 Mei 2010 setiap Senin. Total jam pengajaran adalah 39 jam ( 1 jam pengajaran = 35 menit ]. Seluruh peserta pelatihan mendapatkan sertifikat dan CD materi pengajaran.
Berikut ini adalah materi yang diberikan pada PGUKS ( Pelatihan Guru UKS ) :
1. UKS dan Dokter Kecil
2. NAPZA & AIDS
3. Penyakit dan Penanggulangan
4. Imunisasi
5. Kesehatan Gigi dan Mulut
6. Kesehatan Mata
7. Kesehatan Pribadi & Lingkungan
8. PHBS tatanan rumah tangga
9. Upaya Perbaikan Gizi Keluarga
10. Warung Sekolah
11. Penanganan Kegawatdaruratan Sehari-hari
12. Tanggap Bencana









DIKLAT DOKCIL 2010

Diklat Dokcil 2010 berubah konsep
Sesuai hasil urun rembuk program UKS 2010 tanggal 4 Februari 2010 yang dihadiri Kepala Sekolah dan Guru UKS se-wilayah kerja Puskesmas Cibadak, maka konsep pelatihan dokter kecil berubah. Dulu (2005-2009) Puskesmas-lah yang melatih semua materi pengajaran dokter kecil, termasuk pelathan praktek P3K, mengukur BB/TB, mengukur ketajaman penglihatan dll. Tapi mulai tahun 2010, Puskesmas Cibadak hanya melatih materi praktek saja, sedangkan materi yang berupa teori diserahkan kepada Guru UKS. Sebagai konsekuensinya, maka Puskesmas menyelenggarakan Pelatihan Guru UKS. Dengan demikian keuntungan menggunakan konsep ini adalah :
1. Keberadaan dokter kecil akan terus berkesinambungan, karena keberadaan Guru UKS di sekolah relatif tetap, sedangkan keberadaan dokcil terus berubah (karena lulus sekolah/melanjutkan ke SMP).
2. Semua SD yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cibadak akan memiliki dokter kecil
3. Kerja Petugas UKS lebih efektif dan efisien
Untuk memantau kualitas dokter kecil yang telah dilatih oleh guru UKS, maka diselenggarakan Program Dokcil Idol (Cerdas Cermat Dokter Kecil)
Di bawah ini adalah dokumentasi kegiatan pelatihan praktek P3K dokter kecil yang dilakukan oleh dokter, bidan, dan perawat Puskesmas Cibadak.








;