6.6.10

PELATIHAN GURU UKS 2010


Dulu murid, sekarang gurunya.
Ya, konsep pembinaan dokter kecil Puskesmas Cibadak sejak tahun 2010 telah berubah. Tahun 2005-2009 muridlah yang dilatih, tapi sekarang guru UKS-nya yang dilatih. Tujuannya untuk melestarikan keberadaan Dokcil di sekolah. Namun pelatihan dokter kecil 2010 tetap ada, hanya saja materi yang diberikan khusus materi praktek saja (P3K, mengukur berat badan/tinggi badan, dsb).
Latar belakang diselenggarakannya pelatihan guru UKS ini adalah untuk menjaga kesinambungan dokter kecil di sekolah. Selama ini kesinambungan kurang terjaga, karena tenaga UKS terbatas, tidak bisa melatih seluruh SD setiap tahun, sementara dokcil-dokcil yang sudah ada akan lulus sekolah dalam 1-2 tahun. Keuntungan melatih guru UKS adalah : kebanyakan guru tidak mengalami pindah sekolah, maka keberadaan dokcil akan berkesinambungan karena secara berkala akan dilatih oleh Guru UKS di sekolah masing-masing.
Biaya pelatihan Guru UKS didapatkan dari dana JPKM yang kesepakatannya telah dibuat dalam MoU hasil Urun Rembuk UKS 2010 di Puskesmas Cibadak.
Pelatihan Guru UKS Angkatan I di Puskesmas Cibadak dimulai sejak tanggal 5 April s/d tanggal 24 Mei 2010 setiap Senin. Total jam pengajaran adalah 39 jam ( 1 jam pengajaran = 35 menit ]. Seluruh peserta pelatihan mendapatkan sertifikat dan CD materi pengajaran.
Berikut ini adalah materi yang diberikan pada PGUKS ( Pelatihan Guru UKS ) :
1. UKS dan Dokter Kecil
2. NAPZA & AIDS
3. Penyakit dan Penanggulangan
4. Imunisasi
5. Kesehatan Gigi dan Mulut
6. Kesehatan Mata
7. Kesehatan Pribadi & Lingkungan
8. PHBS tatanan rumah tangga
9. Upaya Perbaikan Gizi Keluarga
10. Warung Sekolah
11. Penanganan Kegawatdaruratan Sehari-hari
12. Tanggap Bencana









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

;
Berita Sehat Hari Ini