6.6.10

DIKLAT DOKCIL 2010

Diklat Dokcil 2010 berubah konsep
Sesuai hasil urun rembuk program UKS 2010 tanggal 4 Februari 2010 yang dihadiri Kepala Sekolah dan Guru UKS se-wilayah kerja Puskesmas Cibadak, maka konsep pelatihan dokter kecil berubah. Dulu (2005-2009) Puskesmas-lah yang melatih semua materi pengajaran dokter kecil, termasuk pelathan praktek P3K, mengukur BB/TB, mengukur ketajaman penglihatan dll. Tapi mulai tahun 2010, Puskesmas Cibadak hanya melatih materi praktek saja, sedangkan materi yang berupa teori diserahkan kepada Guru UKS. Sebagai konsekuensinya, maka Puskesmas menyelenggarakan Pelatihan Guru UKS. Dengan demikian keuntungan menggunakan konsep ini adalah :
1. Keberadaan dokter kecil akan terus berkesinambungan, karena keberadaan Guru UKS di sekolah relatif tetap, sedangkan keberadaan dokcil terus berubah (karena lulus sekolah/melanjutkan ke SMP).
2. Semua SD yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cibadak akan memiliki dokter kecil
3. Kerja Petugas UKS lebih efektif dan efisien
Untuk memantau kualitas dokter kecil yang telah dilatih oleh guru UKS, maka diselenggarakan Program Dokcil Idol (Cerdas Cermat Dokter Kecil)
Di bawah ini adalah dokumentasi kegiatan pelatihan praktek P3K dokter kecil yang dilakukan oleh dokter, bidan, dan perawat Puskesmas Cibadak.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

;
Berita Sehat Hari Ini